Tips Nambah RAM Tanpa Root

Posted on

Saya yakin Anda menginginkan Androidnya bisa multitasking dan antinge-hang. Lemot tidaknya Android tergantung dengan RAM-nya.  RAM (Random Access Memory) adalah sebuah komponen yang bertugas menjalankan aplikasi yang sebelumnya bekerja dengan proses komputasi di prosesor. Semakin sedikit RAM, semakin lemot Android Anda.

gambar cara tambah ram tanpa root

Cara Tambah RAM tanpa Root

Berikut cara menambah RAM Android tanpa Root yang bisa membantu Anda para pemilik Android RAM 1 GB ke bawah. Cara ini bisa menambah kapasitas RAM Android Anda agar performa dan kinerjanya semakin cepat saat digunakan untuk aktifitas browsing, chatting, bermain game online maupun offline. Ada tiga aplikasi yang membantu membuat Android Anda bisa menambah RAM tanpa Root :

  1. Smart booster

Cara menambah RAM Android tanpa Root yang pertama via aplikasi Smart Booster. Pertama, download aplikasi Smart Bosster dahulu.Setelah di-install, buka Smart Booster. Untuk mememulai pelepasan RAM, klik tombol ikon yang bergambar roket. Untuk melepaskan RAM lebih banyak, masuk menu setting dan pilih RAM Booster. ubah menjadi Boost Level yang aggressive.

Masih di menu RAM Boost, centang boost when screen off dan ubah menjadi delay to boost when screen off menjadi immediately. Agar tidak melepas RAM secara terus menerus, centang Boost Automatically  menjadi Threshold (MB) menjadi 100(MB) dan atur Boost Interval-nya menjadi 5 minutes atau lebih.

  1. Greenify

cara menambah RAM Android tanpa Root kedua via Greenify. Pertama, download Xposed Installer, lalu install. Setelah itu, download Greenify lalu install. Buka Xposed kemudian ke tab Framework lalu pilih Install/Update. Lalu Reboot/Restart Android Anda. Jika sudah Restart, masuk ke tab Modules lalu centang pada Greenify. Lalu, restart kembali Android Anda.

Setelah itu, buka Greenify kemudian pilih Experimental features. Ubah Working Mode-nya menjadi Boost. Centang Keep Notifications, Wake-up Tracker & Cutoff dan Block App State Abuse. Selanjutnya, hibernasikan aplikasi yang tidak terpakai. Kembali ke menu awal, lalu pilih tanda + dan pilih aplikasi atau game yang ingin Anda hibernasi.

  1. RAM Control eXtreme Pro

cara menambah RAM Android tanpa Root ketiga via RAM Control eXtreme Pro. Download RAM Control eXtreme Pro APK lalu install ke handphone Anda terlebih dahulu. Pilih ke dalam fitur RAM Booster, kemudian pilih Boost RAM agar kapasitas RAM segera bertambah.

Pilih menu START pada tombol Auto RAM Booster agar proses booster RAM Anda segera berjalan. Atur waktu dari sistem Auto RAM Booster di tombol tab Setting. Pilih tab Task Killer untuk segeradapat mematikan aplikasi mana yang tidak dibutuhkan. Anda juga dapat memasukkan aplikasi-aplikasi ke dalam white list atau daftar aplikasi yang tidak Anda matikan.

Bagaimana dengan ketiga aplikasi di atas? Semoga aplikasi-aplikasi di atas berhasil untuk menambah RAM Android Anda menjadi lebih banyak. Aplikasi gratis tersebut patut Anda coba bagi yang sudah kesal dengan kinerja Android Anda  tiba-tiba nge-hang saat digunakan.

Sekarang Anda bisa melakukan aktifitas browsing, chatting dan gaming tanpa banyak khawatir. Demikianlah cara menambah RAM Android tanpa Root  menggunakan aplikasi di Play Store atau Google Play. Walaupun banyak yang mengatakan penggunaan aplikasi sejenis ini tidak berfungsi dengan baik, namun tergantung pada handphone masing-masing. Pastikan untuk mencari tahu dulu aplikasi-aplikasi yangakan digunakan menambah RAM. Masih bingung? Anda bisa menanyakannya di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *